Trafik Organik VS Berbayar, Mulai Darimana Dulu?

Trafik Organik VS Berbayar, Mulai Darimana Dulu?

Dalam dunia digital marketing, yang namanya trafik atau lalu lintas kunjungan pasti akan selalu ada dan selalu di bahas. Trafik itu sendiri dapat di artikan pengunjung yang mengunjungi baik instagram bisnis anda, fanspage facebook, website, toko online, blog, ataupun marketplace anda. Nah dalam dunia digital marketing , trafik ini di bagi menjadi 2 yaitu trafik organik (gratis) dan trafik berbayar, kira-kira apa ya beda antara keduannya? lebih baik mana sih antara organik dan berbayar?harus mulai dari organik dulu atau langsung berbayar?. Yuk baca artikel ini sampai selesai.

  1. Trafik Organik ( Gratis)

Organic Traffic Adalah

Trafik organik adalah trafik yang di peroleh dengan cara organik alias gratis tanpa mengeluarkan uang untuk memperolehnya, misalnya adalah anda dapat membuat akun instagram bisnis, fanspage facebook, akun tiktok, channel youtube, ataupun membuat toko di marketplace secara gratis. Di karenakan trafik ini gratis maka mau tidak mau usaha yang akan dikeluarkan juga harus lebih dan membutuhkan waktu yang tidak singkat, misal anda punya channel youtube, anda harus membuat konten-konten yang bagus ataupun bahkan yang click bait sehingga orang-orang akan mengunjungi channel anda kemudian subscribe, untuk platform yang lain pun juga sama konsepnya, yaitu membuat konten yang menarik, mengedukasi, tujuannya adalah untuk mendapatkan follower banyak terlebih dahulu, sehingga apabila follower sudah banyak maka harapannya juga bisa untuk menjual apapun.

2. Trafik Berbayar (Paid Marketing)

Paid Traffic adalah

Trafik berbayar adalah trafik yang di hasilkan ketika anda membayar suatu platform untuk membantu anda agar jangkauan pasar lebih luas dan lebih tertarget sesuai target yang anda inginkan, selain itu dengan trafik berbayar anda bisa menscale-up bisnis anda. Trafik berbayar dapat di lakukan dengan cara beriklan , misalnya menggunakan FB dan IG ads, google ads, tiktok ads, dan iklan di marketplace. Untuk menggunakan trafik berbayar ini tentunya anda harus menyiapkan budget untuk beriklan ya.

Nah jadi sudah tahukan bedanya trafik organik dan trafik berbayar? pertanyaan selanjutnya harus mulai darimana dulu ya?

Kalau saran dari kami silahkan anda perbaiki terlebih dahulu yang cara organik (gratis), misalnya apabila di instagram, silahakan bisa memulai membuat profil instagram yang menarik dan konten yang bagus,mengedukasi, bermanfaat minimal 9 konten awal dulu juga tidak apa-apa, begitu juga dengan platform yang lainnya. Setelah yang organik sudah di perbaiki, boleh silahkan untuk iklan, karena apabila anda langsung menggunakan trafik berbayar biasanya akan berakibat keboncosan, yang artinya biaya pengeluaran lebih besar di banding dengan profit yang didapat,dan kami juga menyarankan anda untuk menguasai dengan cara paid marketing agar jangkauan dari produk anda lebih luas, calon pembeli lebih tertarget dan tentunya bisnis anda bisa lebih besar (scale up).

Nah itulah artikel tentang trafik organik VS trafik berbayar . Apabila anda memiliki pertanyaan, silahkan bisa di tanyakan di kolom komentar artikel ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *